program hitung_luas; {nama program}uses crt; var {deklarasi variabel untuk program utama}pilih : integer; hasil : real; ulang : char; {membuat fungsi menu bertipe data integer}function menu : integer; var pil:integer; {deklarasi variabel utk fungsi menu} begin {tampilkan menu program} writeln('=============================='); writeln(' Program Hitung Luas'); writeln('=============================='); writeln('1. Hitung Luas Lingkaran'); writeln('2. Hitung Luas Segitiga'); writeln('3. Hitung Luas Persegi'); writeln('=============================='); write (' Pilihan Anda: ');readln(pil); {meminta input dari user dan disimpan di variabel pil} writeln('=============================='); menu := pil; {mengembalikan nilai variabel pil pada fungsi menu} end; {akhir fungsi menu} {membuat fungsi lingkaran bertipe data real}function lingkaran : real; var {deklarasi variabel utk fungsi lingkaran} pi, r : real; begin write('Jari-jari Lingkaran: '); {meminta input jari-jari lingkaran} read(r); {dan disimpan di variabel r} pi := 3.14; {memasukkan nilai 3.14 pd variabel pi} lingkaran := pi*r*r; {menghitung luas lingkaran dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi lingkaran} end; {akhir fungsi lingkaran} {membuat fungsi segitiga bertipe data real}function segitiga : real; var a, t : real; {deklarasi variabel utk fungsi segitiga} begin write('Alas Segitiga : ');{meminta input alas segitiga} readln(a); {dan disimpan di variabel a } write('Tinggi Segitiga : ');{meminta input tinggi segitiga} readln(t); {dan disimpan di variabel t } segitiga := 0.5*a*t; {menghitung luas segitiga dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi segitiga} end; {akhir fungsi segitiga} {membuat fungsi persegi bertipe data real}function persegi : real ; var p, l : real; {deklarasi variabel utk fungsi persegi} begin write('Panjang Persegi : '); {meminta input panjang persegi} readln(p); {dan disimpan di variabel p } write('Lebar Persegi : '); {meminta input lebar persegi} readln(l); {dan disimpan di variabel l } persegi := p*l; {menghitung luas persegi dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi persegi} end; {akhir fungsi persegi} {membuat prosedur nama utk menampilkan nama pembuat program ini}procedure nama; begin writeln('=============================='); writeln(' Andi Sholihin'); {tampilkan nama pembuat program} writeln(' Teknik Informatika'); writeln('=============================='); writeln; end; {akhir prosedur nama} {Program utama}begin repeat {lakukan perulangan repeat-until} clrscr; {clear screen, membersihkan layar} nama; {memanggil prosedur nama} pilih := menu; {memanggil fungsi menu dan menyimpan pengembalian nilainya di variabel pilih} case pilih of {penyeleksian kondisi variabel pilih dgn struktur Case} 1 : hasil := lingkaran ; {jika pilih = 1 maka panggil fungsi lingkaran dan masukkan hasilnya ke variabel hasil} 2 : hasil := segitiga ; {jika pilih = 2 maka panggil fungsi segitiga dan masukkan hasilnya ke variabel hasil} 3 : hasil := persegi ; {jika pilih = 3 maka panggil fungsi persegi dan masukkan hasilnya ke variabel hasil} else writeln('Pilihan Anda Salah!'); {jika pilihan salah maka tampilkan peringatan} writeln('=============================='); end; if (pilih < 4) and (pilih > 0) then {jika nilai pilih lebih kecil dari 4 dan lebih besar dari 0} begin writeln('=============================='); {maka tampilkan nilai dari variabel hasil} writeln('Hasil Perhitungan: ',hasil:5:2); writeln('=============================='); end; write('Coba lagi? (y/n) : ');readln(ulang); {meminta input apakah akan mengulang program? inputan disimpan di variabel ulang} until (ulang = 'n') or (ulang = 'N') ; {perulangan repeat berhenti jika nilai variabel ulang = 'n' atau 'N'} end. {akhir program utama} Nah di atas rumus masih dengan luas segitiga , dan silahkan ganti dengan rumus Luas bujursangkar . kurang lebih begini sintaksnya :
var
S,L : real;
Begin
writeln('Cara menghitung Luas Bujur Sangkar ');
write('Masukan panjang sisi Bujur sangkar : '); readln (S);
L:=S*S;
write(' luas bujur sangkar adalah =',L:9:2);
writeln(' Meter Kuadrat ');
End.
Semoga membantu :)